Sabtu, 16 November 2013

PEMASARAN DASAR DAN IMPLIKASINYA

KONSEP INTI PEMASARAN








Tahap-Tahap  Proses Manajemen Pemasaran 
  1.     Analisis peluang-peluang pasar: lingkungan intern, ekstern mikro maupun makro  oleh karenanya perlu riset pemasaran
  2. ž    Penelitian dan memilih pasar sasaran: mengukur dan meramalkan  penjualan di masa yang akan datang
  3. ž    Pengembangan strategi pasarperencanaan, alokasi anggaran untuk berbagai bauran pemasaran (marketing mix)
  4. ž    Perencanaan taktik pemasaran: taktik setiap variable 4P
  5. ž    Pelaksanaan serta pengendalian upaya pemasaran
Megamarketing




LATAR BELAKANG KONSEP INTI PEMASARAN

ž   TERDAPAT 5 TAHAPAN ATAU PROSES YANG MELAHIRKAN KONSEP INTI PEMASARAN
1.KEBUTUHAN, KEINGINAN,  PERMINTAAN
2.PRODUK
3.NILAI, BIAYA, KEPUASAN
4.PERTUKARAN, TRANSAKSI
   DAN HUBUNGAN
5.PASAR, PEMASAR, 
   PEMASARAN SERTA 
   MANAJEMEN PEMASARAN

MANUSIA SEBAGAI 
SUBYEK UTAMA
ž
Manusia memiliki
žKebutuhan,Keinginan,Permintaan



Kebutuhan, Keinginan, Permintaan

¢Kebutuhan : adalah hasrat akan  pemuas tertentu dari kebutuhan  yang lebih mendalam. Manusia  membutuhkan makanan, sandang, pakaian,  tempat tinggal, keamanan,harga diri dan beberapa hal lain untuk bertahan hidup.
¢Keinginan : adalah kebutuhan  yang dibentuk dari adanya kekuatan yang terus-menerus  seperti kelompok relegius, sekolah, keluarga, dan perusahaan bisnis. Misalnya : kebutuhan makanan ingin bakso , soto, sate. Kebutuhan pakaian ingin blaser, kimono, celana panjang dan hem dls.
¢Permintaan : adalah keinginan akan produk spesifik yang didukung oleh kemampuan dan ketersediaan untuk membelinya. Keinginan akan menjadi permintaan jika didukung oleh daya belinya. Misalnya banyak orang ingin membeli Avanza, atau Xenia, namun hanya sedikit yang mampu membelinya.


Maslow’s Hierarchy of Needs




PEMASAR MENGHASILKAN PRODUK

žPRODUK : adalah segala sesuatu yang
ditawarkan untuk memuaskan kebutuhan 
dan keinginannya

NILAI, BIAYA, KEPUASAN

NILAI, dalam hal ini sering dikaitkan dengan Customer Value
   yaitu: estimasi pelanggan mengenai kemampuan total suatu produk untuk memuaskan kebutuhannya. Atau bisa didefinisikan selisih antara evaluasi calon pelanggan  atas semua manfaat serta semua biaya tawaran tertentu dan alternative lainnya.

BIAYA 
   adalah  pengorbanan konsumen untuk mendapatkan barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan dan keinginannya.

žKEPUASAN
   adalah perasaan senang atau kecewa pada diri seseorang yang muncul setelah membandingkan  antara kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja atau hasil yang diharapkan.


PERTUKARAN, TRANSAKSI DAN HUBUNGAN

SESEORANG DALAM
RANGKA MEMENUHI 
KEBUTUHAN DAN
KEINGINANNYA BISA 
DENGAN BEBERAPA 
CARA :
1. Menghasilkan sendiri / mencari   sendiri
2. Memaksa
3. Meminta
4. Diberi
5. Pertukaran

žPERTUKARAN : adalah  cara  mendapatkan produk yang diinginkan dari sesorang  dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya

SUPAYA TERJADI 
PERTUKARAN ADA 5 
SYARAT YANG 
HARUS DIPENUHI  :
1.SEKURANG-
   KURANGNYA ADA 2 
   PIHAK;
2.MASING-MASING 
   PIHAK MEMILIKI 
   SESUATU YANG 
   BERNILAI;
3.MASING-MASING 
 PIHAK BERKOMUNIKASI DAN MENYERAHKAN UANG;
4.MASING-MASING PIHAK BEBAS UNTUK MENERIMA DAN MENOLAK PENAWARAN YANG ADA;
5.MASING-MASING PIHAK MEMANG MENGINGINKAN DAN BERSEDIA BERURUSAN DENGAN PIHAK LAINNYA.
PASAR, PEMASAR, PEMASARAN SERTA MANAJEMEN PEMASARAN



žPASAR : adalah semua pelanggan potensial yang memiliki  kebutuhan dan keinginan tertentu serta mau dam mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut.

žUNTUK ITU PASAR DAPAT DIKELOMPOKKAN MENJADI MENJADI 5 KELOMPOK YAITU :
ž1. PASAR KONSUMEN : yaitu pasar dimana konsumennya membeli untuk keperluan sendiri bukan untuk bisnis.
ž2. PASAR SUMBER DAYA : yaitu pasar dimana konsumennya berupa faktor produksi dalam hal ini ada pasar tenaga kerja, pasar modal, pasar uang dls.
ž3. PASAR PEMERINTAH : adalah pasar dimana konsumennya membeli untuk kebutuhan masyarakatnya.
ž4. PASAR MANUFAKTUR : adalah  pasar dimana konsumennya membeli untuk diproses lebih lanjut
ž5. PASAR PERANTARA : adalah pasar dimana konsumennya membeli untuk  dijual kembali


 Sistem Pemasaran Sederhana



DEFINISI PEMASAR, PEMASARAN DAN MANAJEMEN PEMASARAN 

Menurut Kotler dan Keller (2007)

¨PEMASAR adalah seseorang yang mencari sumber daya dari orang lain dan bersedia menawarkan sesuatu yang bernilai sebagai imbalannya

¨PEMASARAN adalah proses sosial dan manajerial dengan mana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai

¨(MANAJEMEN) PEMASARAN adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memenuhi sasaran-sararan perseorangan dan organisasi


TERDAPAT 8 (DELAPAN) TINGKAT PERMINTAAN DAN TUGAS PEMASARAN

žTINGKAT PERMINTAAN 1 (PERMINTAAN NEGATIF/NEGATIVE DEMAND)
žDi mana konsumen TIDAK SUKA, bahkan menghindar. Misalnya: vaksinasi, bayar pajak dll
žTUGAS PEMASARAN: Mencari Penyebab Mengapa Pasar Tidak Menyukai Produk. Misalnya
ž1. REDESIGN ULANG PRODUK
ž2. REDESIGN HARGA
ž3. REDESIGN PROMOSI

žTINGKAT PERMINTAAN 2 (TIDAK ADAPERMINTAAN /NO DEMAND)
žDi mana konsumen TIDAK TERTARIK, bahkan ACUH terhadap produk. Misalnya: petani dengan pupuk organik, mahasiswa tidak tertarik wirausaha, dll
žTUGAS PEMASARAN: menghubungkan manfaat (value) produk dengan kebutuhan dan minat natural orang tersebut

žTINGKAT PERMINTAAN 3(PERMINTAAN LATEN/LATEN DEMAND)
žDi mana konsumen merasa BANYAK KEBUTUHAN YANG BELUM DAPAT TERPENUHI, MASIH MENGHARAPKAN PRODUK yang ada saat ini mampu memenuhi kebutuhan mereka. Misalnya: ROKOK yang tidak berbahaya, mobil irit, laptop murah, villa di bulan dll
žTUGAS PEMASARAN: mengembangkan barang dan jasa yang tepat untuk memenuhi permintaan orang tesebut, misalnya rokok putih, mobil sistem injection
ž
žTINGKAT PERMINTAAN 4 (PERMINTAAN MENURUN/DECLINING DEMAND)
žDi mana PERUSAHAAN merasa CEPAT ATAU LAMBAT permintaan produk oleh konsumen menurun. Misalnya: tingginya angka cabutan dan rendahnya pemasangan telepon rumah
žTUGAS PEMASARAN: analisis faktor penyebab dan menentukan apakah permintaan dapat dirangsang kembali dengan menemukan pasar baru. Mengganti ciri-ciri produk  atau mengembangkan komunikasi pemasaran yang efektif. Pemasaran ulang yang kreatif  (remarketing)

žTINGKAT PERMINTAAN 5 (PERMINTAAN YANG TIDAK TERATUR/IRREGULER DEMAND)
žDi mana KARENA FAKTOR SEPERTI MUSIM, HARI, JAM SIBUK dll. Sehingga menyebabkan kapasitas menganggur atau kadang justru kekurangan kapasitas. Misalnya: PUSAT HIBURAN PADA MASA LIBURAN PANJANG
žTUGAS PEMASARAN: mengubah pola permintaan melalui 4 P  (product, price, place, promotion) yang lebih fleksibel (synchro marketing)ž

žTINGKAT PERMINTAAN 6 (PERMINTAAN PENUH/FULL DEMAND) MERUPAKAN PERMINTAAN IDEAL/TERBAIK
žDi mana PERMINTAAN PENUH KARENA KONSUMEN PUAS. Misalnya: YAMAHA MIO
žTugas pemasaran: MEMPERTAHANKAN DENGAN TERUS MENERUS MELAKUKAN EVALUASI DAN PERBAIKAN

žTINGKAT PERMINTAAN 7 (PERMINTAAN BERLEBIH/OVERFULL DEMAND)
žDi mana PERMINTAAN BERLEBIH DAN TIDAK CUKUP MAMPU MEMENUHI PERMINTAAN. Misalnya: MINYAK TANAH DAN BBM PREMIUM
žTUGAS PEMASARAN: kurangi permintaan sementara (DEMARKETING). Misalnya dengan perubahan kebijakan pemasaran umum (general demarketing) atau kurangi bagian pasar yang kurang menguntungkan atau yang masih harus dibenahi (Selective Demarketing)

žTINGKAT PERMINTAAN 8 (PERMINTAAN YANG TIDAK BERMANFAAT)
žDi mana PERMINTAAN TIDAK BERMANFAAT DAN ADA UPAYA TERORGANISIR UNTUK MENGURANGI. Misalnya: NARKOBA
žTUGAS PEMASARAN: kurangi permintaan DENGAN MENGINFORMASIKAN BAHAYA DAN DAMPAKNYA

FUNGSI-FUNGSI PEMASARAN
1. BIDANG KEGIATAN SUPLAI FISIK                  (2 KEGIATAN)

ž1. FUNGSI PENGANGKUTAN (TRANSPORTATION): dalam kegiatan pembelian dan penjualan terdapat kegiatan pemindahan lokasi barang. Kunci dari kegiatan ini adalah efisiensi dan efektifitas pemidahan lokasi barang
ž2. FUNGSI  PERGUDANGAN/PENYIMPANAN (STORAGE) : jasa pergudangan dibutuhkan untuk menciptakan daya guna (kegunaan) karena waktu (time utility). Misalnya hasil padi yang dipanen (per4 bulan) membutuhkan gudang untuk menjamin pasokkan sepanjang tahun
1. BIDANG KEGIATAN PENUNJANG (5KEGIATAN)

ž1. FUNGSI PEMAJANGAN (MERCHANDISING): usaha untuk menawarkan produk kepada pembeli dilakukan dengan menjajakan
ž2. FUNGSI  STANDARDISASI DAN GRADING: pentingnya keberhasilan fungsi lainnya dibutuhkan standar barang dan proses penyotiran (grading).
ž3. FUNGSI PEMBELANJAAN (FINANCING): mencakup pengelolaan sumber dan pengalokasi dana, termasuk pengaturan syarat-syarat pembayaran atau kredit
ž ž4. FUNGSI PENANGGUNGAN RISIKO (RISK TAKING): risiko yang dapat terjadi dalam pemasaran mencakup penurunan mutu (deterioration), penuaan (obsolesscence), kehilangan, atau pencurian, tidak berharga lagi, perpanjangan kredit dll.
ž5. FUNGSI  INFORMASI PASAR: peran informasi pasar perlu diperhatikan karena tidak ada keputusan pemasaran yang baik tanpa didasari oleh fakta atau data (fenomena bisnis).

Bauran Pemasaran

žPengertian marketing mix adalah:
ž“Kombinasi dari empat variabel yaitu kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yakni produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi” (Stanton, 1991:78)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar